18 Mar 2013

Sekolah Adiwiyata : SMAN 3 Sengkang Unggulan Kab. Wajo


Assalamualaikum..
Hari ini saya hadir lagi di blog ini tentunya, saya akan berbagi cerita tentang sekolah saya yang bergelar sekolah adiwiyata nasional menuju adiwiyata mandiri. Harapan saya sebagai warga SMA Negeri 3 Sengkang Unggulan Kab. Wajo tentunya agar gelar adiwiyata mandiri dapat kami raih tahun ini.
Sebelum saya bercerita lebih lanjut, udah pada tau gak sih apa itu 'Sekolah Adiwiyata'? Kalau belum saya akan membahas sedikit disini. ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan pengertian ADIWIYATA diatas sudah dapat ditebak kan bagaimana sekolah adiwiyata itu? Sekolah adiwiyata bukan sekedar tempat menimba ilmu, tapi juga tempat kita belajar mengenai lingkungan dan mencintai lingkungan. Di sekolah saya, setiap siswa wajib memungut sampah yang dilihatnya, kami juga menanam pepohonan, tanaman bunga, dan mendaur ulang limbah.
Sebagai sekolah mandiri para siswa juga dituntut untuk bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari pembina. Kami sebagai siswa turun tangan sendiri untuk merawat sekolah. Berbagai taman serta bangku taman yang ada di sekolah merupakan hasil kerja para siswa sendiri. 




Berbagai lukisan di dinding menjadi pengingat bagi para siswa untuk tetap peduli pada lingkungan. Kalimat-kalimat seperti 'Hijaukan Negeriku, Kokohkan Bumiku' mengingatkan kami pentingnya hutan demi kelangsungan hidup manusia di bumi ini.



Untuk mewujudkan visi BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP sekolah saya ini sudah dalam pertengahan jalan. Dengan gelar adiwiyata nasional tidak membuat sekolah saya menjadi sekolah yang 100% bersih dan bebas dari sampah, masih ada saja siswa yang belum menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Semoga dengan mendapatkan adiwiyata mandiri sekolah saya akan semakin hijau, begitu pula dengan warganya yang semoga dapat lebih memahami pentingnya lingkungan yang bersih.
Tanpa bantuan dari segala pihak, guru, staf, siswa, dan masyarakat sekitar impian untuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri tidak akan tercapai. Untuk teman-teman saya, guru-guru saya keep the faith, kita pasti bisa!!

Ada yang mau lihat penampakan sekolah saya? Ini dia..
























0 komentar:

Posting Komentar

 

Billion Minds Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang