14 Apr 2013

Makanan Yang Dilarang di Berbagai Negara

   Assalamualaikum guys..Hari ini sebenarnya saya sedang bad mood karena UN yang tertunda dan mengakibatkan liburan saya diundur, fufufufu~ Jadi untuk mengalihkan pikiran saya ingin membagikan info seputar makanan, berhubung saat ini saya juga sedang lapar (oke abaikan!!). Jadi kalian semua tau gak sih kalau di dunia ini ada beberapa makanan yang dilarang di berbagai negara. Sebenarnya saya juga baru tau sih, mumpung masih hangat di kepala saya, saya akan paparkan di artikel kali ini. So cekidot..   
         
1. Manggis di Amerika dan China 

Manggis (Garcinia mangostana) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Buah manggis yang berwarna merah keunguan saat matang ini ternyata dilarang di Amerika Serikat maupun China. Ini dikarenakan buah manggis dianggap membawa lalat asia yang dapat merugikan pertanian di Amerika. Sehingga pemerintah Amerika melarang impor buah manggis terutama dari Asia Tenggara. Tapi larangan ini dicabut pada tahun 2007, dengan syarat buah manggis tersebut harus bebas dari lalat buah. Manggis yang dapat dikonsumsi di Amerika adalah Manggis yang sudah steril dan terjamin bebas dari lalat buah.
 
2. Haggis di Amerika Serikat
Haggis dilarang di Amerika Serikat akibat undang-undang yang melarang penggunaaan paru-paru domba dalam produk makanan. Larangan itu menjadi sebuah sumber perselisihan di antara Departemen Urusan Pedesaan Skotlandia dan Departemen Pertanian selama lebih dari 22 tahun.
Meskipun kabar yang beredar pada Januari 2010 bahwa larangan itu akan dicabut, Haggis tetap ilegal di Amerika Serikat, meskipun warga Amerika dapat memuaskan keinginan mereka dengan mengganti dengan makanan yang dikenal dengan Amerikan Haggis, yang tidak mengandung bahan utama aslinya, paru-paru domba. Namun, nilai positifnya, American Haagis disajikan dengan kentang goreng dobel.

3. Sup Sirip Hiu di Taiwan dan China
Melarang sup sirip hiu untuk dikonsumsi merupakan hal yang wajar. Saat ini sekitar 70 juta ikan hiu ditangkap setiap tahun dan dibunuh untuk diambil siripnya. Harganya sekitar seribu dolar AS per kilo di pasar Hongkong, yang menjadi pusat perdagangan sirip ikan hiu. kelompok pecinta lingkungan juga menyatakan akibat perburuan itu kini 17 persen spesies hiu terancam kepunahan. Hal ini mengakibatkan Moskwa-Sajian terkenal dari China, sup sirip ikan hiu, tidak lagi akan disajikan pada sajian secara resmi. Ini menanggapi kelompok pecinta lingkungan yang memprotes bahwa pengambilan sirip ikan hiu dilakukan secara kejam.

4.  Ikan Fugu di Amerika Serikat
Ikan fugu adalah ikan yang sering dikonsumsi di Jepang dalam keadaan mentah yaitu sashimi. Ikan fugu adalah ikan yang beracun yang sangat berbahaya. Ikan ini dikonsumsi di jepang setelah semua racun yang ada ditubuhnya di buang. Meskipun masih dapat dimakan jika diolah dengan benar, Amerika melarang konsumsi ikan beracun ini. Jepang juga sempat melarang konsumsi ikan ini dalam hukum Keshogunan Tokugawa 1603-1868 tapi merada saat jaman ini berakhir. Di Amerika menjual, memanen, dan mengkonsumsi ikan ini termasuk ilegal sejak 2002.

Well, itulah beberapa makanan yang dilarang di berbagai negara, semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian. Selamat Ujian Nasional untuk siswa kelas 3 SMA, annyeong :)

3 komentar:

  1. terima kasih sudah berbagi. Salam.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali sudah mau berkunjung, silahkan kunjungi artikel saya yang lain.. :)

    BalasHapus
  3. Kayaknya Makanan Yang Namanya Haggis Itu Agak Gimanaaa Gitu Rasanya :)

    BalasHapus

 

Billion Minds Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang